01 April 2015

Apa sih Teknik Informatika itu?

Apa itu Teknik Informatika? Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan Teknik Informatika tapi masih bingung apa sebenarnya, disini Aishi akan jelasin secara garis besarnya aja.

Teknik Informatika itu berbeda dengan Teknik Komputer, Teknik Komputer lebih menjurus ke hardware komputer. Sedangkan di Teknik Informatika kita lebih menjurus kepada software komputer.

Secara garis besarnya jurusan ini punya 4 bidang dasar, yaitu:
  1. Programming, atau sering disebut juga dengan bahasa pemograman. Pada dasarnya yaitu sebuah bahasa yang kita dan komputer saling mengerti satu sama lain. Komputer hanya mengerti 0 dan 1 maka bahasa pemograman ini menjembatani kita agar si komputer mengerti apa yang kita ingin dari dia. Dengan bahasa pemograman ini kita dapat membuat berbagai software komputer, yang dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan kita. Ada banyak bahasa pemograman, contohnya saja JAVA, C++.
  2. Database, atau yang sering disebut juga basis data. Database ini adalah teknik pengolahan data agar data tersebut tersusun rapi, aman, dan dapat mudah disajikan kepada pemakai software. Contohnya saja perusahan telepon, setiap data pelanggan harus diatur dengan baik, transaksi pun juga harus terekam, berapa orang yang mengisi pulsa dalam satu hari? belum lagi telpon atau sms. Nah semua itu dapat di atur dengan baik bila menggunakan database.
  3. Networking, atau disebut juga dengan jaringan. Menyambungkan komputer satu dengan yang lainnya agar bisa bertukar informasi. Selain belajar menghubungkan langsung dengan kabel, router, modem, ataupun perangkat keras lainnya. Kita juga belajar logika bagaimana jalannya data itu dari dikirim hingga sampai dan dapat terbaca oleh user. Kemudian kita juga akan belajar membuat jaringan LAN, WAN, mengatur IP, dll.
  4. Design, atau grafik komputer. Disini kita akan diperkenalkan dengan multimedia, misalnya membuat animasi, buat iklan, atau film.
Belajar Teknik Informatika sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan, semuanya itu tergantung pada niat masing-masing dalam mengejar cita-cita. :)

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Aishi♥